Nama-nama Tokoh Ilmuwan Islam Terkenal Dunia

Tidak perlu diragukan lagi bahwa pada jaman dahulu juga banyak lahir ilmuwan dari tokoh-tokoh islam yang sangat terkenal di dunia dalam bidang sains dan teknologi, matematika, fisika, filosofi dan astronomi. Nama-nama tokoh islam ini bisa kita jadikan referensi untuk nama bayi islami yang bisa menginspirasikan sang anak tentang orang-orang yang pernah menggunakan nama tersebut.

Tokoh-tokoh islam kebanyakan dikenal adalah karena perjuangannya dalam menegakkan agama islam pada jaman Nabi Muhammad, SAW. Namun jarang orang mengetahui ada tokoh-tokoh islam yang sangat berpengaruh dalam bidang ilmu pengetahuan. Berikut ini adalah beberapa nama tokoh ilmuwan yang sudah terkenal didunia dan artinya yang kebanyakan lahir sebelum abad 14 namun karya dan penemuannya masih dirasakan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dunia hingga sekarang ini. Berikut ini adalah daftar beberapa nama tokoh ilmuwan terkenal yang menggunakan nama laki-laki islami.

 1. Ibn al-Haytham (Alhazen)

alhazen tokoh islamDikenal sebagai bapak optik modern karena penemuan dan karya-karnya dibidang ilmu optik dan pencahayaan benda. Penemuannya menjadi cikal bakal kamera yang masih digunakan sampai sekarang ini. Alhazen juga dikenal dengan nama Al-Basri karena dia lahir di kota Basra. Alhazen adalah seorang ilmuwan matematika, astronomi, meteorologi dan metode sains.

Al-haytham dalam bahasa arab artinya adalah burung elang muda.

Lahir tahun 965 di Basra – Meninggal tahun 1040 di Kairo

 2. Abu Nasr Al-Farabi

al-farabi tokoh islam terkenal Al-Farabi adalah ilmuwan dan filosofi yang sekaligus sebagai seorang musisi. Kehebatannya dikenal hingga orang-orang barat pada jaman keemasan islam, di barat beliau lebih dikenal dengan sebutan Alpharabius. Al-Farabi juga dikenal sebagai “bapak kedua” yang merupakan suksesor dari “bapak pertama” yang disandang oleh Aristoteles. Beliau juga dianggap sebagai seorang filosofi islam terbesar dalam sejarah dengan keaslian pemikiran-pemikirannya.

Nasr atau Nasri artinya adalah pertolongan atau kemenangan.

Lahir tahun 872 di Otrar, Kazakhstan
Meninggal tahun 950 di Damascus, Siria

 3. Al-Battani

al-battani ilmuwan islam astronomiAl-Battani (Muḥammad ibn Jabir al-Ḥarrani al-Battani) adalah ilmuwan muslim terkenal dalam masa keemasan islam dibidang astronomi, astrologi dan matematika, dalam latin dikenal juga dengan nama Albategnius. Menurut penelitian dia lahir dari keluarga miskin dari kalangan budak arab. Namun pemikirannya dibidang astronomi luar biasa dengan pengetahuan matematik dan trigonometrinya. Dia melakukan perbaikan perhitungan lamanya waktu dalam satu tahun dan menemukan rumus matematika tentang hubungan trigonometri.

Lahir tahun 858 di Harran
Meninggal tahun 929 di Qasr al-Jiss

4. Ibn Sina

ibn-sina ilmuwan islam terkenalIbn Sina adalah seorang muslim berkebangsaan persia, dalam dunia ilmu pengetahuan dikenal juga dengan nama Avicenna. Dalam karirnya sebagai ilmuwan ibn sina menghasilkan banyak karya yaitu sebanyak 450 penelitian dan 240 diantaranya masih dipakai hingga sekarang. Beberapa buku terkenalnya adalah The book of healing dan The cannon of medicine, dimana buku tersebut masih dipakai pada universitas-universitas kedokteran. Ibn Sina adalah seorang filosofi, astrononi, geologi, teologi islam, metematika dan fisikawan.

Lahir tahun 980 di Uzbekistan
Meninggal tahun 1037 di Iran

5. Ibn Battuta

ibn-batutta tokoh petualang islamIbn Battuta lahir di moroko dari keluarga muslim dan kuliah di universitas Tangier. Battuta adalah seorang petualang sejati dengan melakukan perjalanan sejauh 117.000 km dengan mengunjungu 44 kota modern diberbagai negara. Beliau melakukan perjalanan tidak hanya mengunjungi kota-kota islam tapi juga non islam. Bukunya yang sangat terkenal adalah “The Rihla” atau artinya adalah petualangan.

Lahir tahun 1304 di Tangier, Moroko
Meninggal tahun 1369 di Moroko

6. Ibn Rushd

ibn-rushd ahli filosofi dan hukum islamNama lengkap Ibn Rushd adalah ʾAbū l-Walīd Muḥammad bin ʾAḥmad bin Rušd, dalam bahasa latin atau orang barat mengenalnya dengan sebutan Averroes. Ibn Rushd merupakan seorang master filosofi terutama teori dari aristoteles, beliau juga seorang teologi islam dan ahli hukum. Ibn Rushd menulis sekitar 20 ribu halaman tentang berbagai macam ilmu seperti kedokteran, filosofi, astronomi dan psikologi. Beliau merupakan pembela teori islam melawan teologi yang diutarakan oleh Al-Ghazali.

Arti nama Ibn Rushd adalah orang dengan perilaku masuk akal atau bijaksana.

Lahir tahun 1126 di Spanyol
Meninggal tahun 1198 di Moroko

7. Al-Khwarizmi

Al-Khwarizmi imuwan islam duniaNama lengkap Al-Khwarizmi adalah Muḥammad ibn Mūsā al-Khwārizmī, seorang kebangsaan persia yang sekolah di baghdad. Beliau adalah seorang ahli astronomi, matematika dan geografi. Karya yang masih dipakai hingga sekarang adalah dibidang metematika dengan teori linier dan rumus trigonometri dalam bukunya yang terkenal Algebra. Beliau juga menghasilkan karya-karya dibidang lain yaitu bidang astronomi dan geografi.

 

Lahir tahun 780
Meninggal tahun    850

8. Al-Kindi

Al-kindi ilmuwan islamAl-Kindi menyandng sebutan sebagai sang filosofi arab, sementara nama lengkapnya adalah Abu Yūsuf Yaʻqūb ibn ʼIsḥāq aṣ-Ṣabbāḥ al-Kindī dalam bahasa latin disebut juga dengan nama Alkindus. Al-kindi adalah ilmuwan islam dengan pemikiran yang menghasilkan teori hampir pada semua bidang keilmuwan. Sebut saja, matematika, kimia, kedokteran, teori musik, kriptografi, metafisika, optik, epistemologi, astronomi dan tentu saja filosofi.

 

Lahir tahun 801 di Basra, Irak
Meninggal tahun 873 di Baghdad, Irak

9. Ibn Khaldun

Ibn-Khaldun ilmuwan hebat islamIbn Khaldun lahir dari keluarga muslim arab, dia lahir dari kalangan atas yang membuat dia bisa mendapatkan guru terbaik. Dia belajar disebuah masjid dan mendalami Al-Quran sejak kecil. Ibn Khaldun merupakan seorang ahli sosiologi, sejarah dan ekonomi. Buku pertamanya Lubabu tentang teologi islam dibuatkan saat dia masih berumur dibawah 19 tahun yang mengkritik beberapa teologi islam pada saat itu. Keaslian dan pemikiran yang luar biasa membuatnya sangat dihargai dan dipelajari diberbagai universitas dieropa sampai sekarang. Disebutkan beliau adalah seorang ilmuwan yang orisinil dan tidak akan ditemukan pemikiran seperti dirinya didunia ini dimanapun dan kapanpun.

Arti nama Ibn Khaldun adalah kekal atau abadi.

Lahir 27 Mei 1332 di Tunisia
Meninggal 19 Maret 1406 di Kairo

10. Omar Khayyam

Omar-Khayyam imluwan islamKhayyám adalah ilmuwan islam berkebangsaan persia, beliau adalah seorang matematikawan, astronomi, seorang filosofi dan pembuat puisi. Karya-karyanya merupakan sumbangan besar dalam ilmu pengetahuan dunia, misalnya adalah teori paparel, teori binomial dan penataan ulang kalender iran.

Arti nama Khayyám adalah pembuat tenta, karena ayahnya adalah seorang pengrajin.

Lahir tahun 1048 di Khorasan, Iran
Meninggal tahun 1131 di Khorasan, Iran

11. Jabir ibn Hayyan

geber hayyan tokoh ilmuwan kimia islam Jabir ibn Hayyan adalah tokoh terkenal islam dalam hal kimia pada abad ke 8. Sebenarnya banyak teori dan pemikirannya dibidang lain seperti astronomi, fisika, geografi dan dan seorang insinyur. Beliau dikenal juga dengan nama Geber, karyanya dibidang ilmu kimia adalah tentang percampuran sulfur dan dia juga menemukan alat-alat kimia yang digunakan dalam penelitian yang metodenya masih dipakai sampai sekarang.

Arti nama Hayyan adalah hidup, terjaga atau orang yang punya harga diri.

Lahir tahun 722 dan meninggal tahun 804.

12. Al-Razi

Al-Razi tokoh islam terkenalMuhammad ibn Zakariya al-Razi adalah nama lengkap dari Al-Razi atau dikenal juga dengan nama Abu Bakr Al-Razi, orang barat atau latin mengenalnya juga dengan nama Rhazes. Al-Razi adalah ilmuwan islam dibidang fisika, kimia, filosofi, farmasi dan kedokteran. Al-Razi menyumbangkan banyak sekali buku tentang pengobatan dan kedokteran dalam hidupnya.

Arti nam Razi adalah orang yang berasal dari kota Rey, sebuah kota di Iran atau Persia dalam jaman dulu.

Lahir tahun 854 dan meninggal tahun 932.

Nama-nama tokoh islam diatas adalah beberapa contoh tokoh yang terkenal dalam dunia ilmu pengetahuan. Sebenarnya banyak sekali tokoh islam atau muslim yang memberikan pemikiran-pemikiran besar dalam ilmupengetahuan dan filosofi. Dalam masa keemasan Islam lahir begitu banyak ilmuwan yang menjadikannya dikenal tidak hanya oleh orang islam namun juga eropa, asia dan dunia.

Beberapa contoh lain nama-nama tokoh ilmuwan islam yang ternekal adalah Al-Ghazali, Ibn Zuhr, Ibn Al-Baitar, Al-Biruni, Al-Jazari, Al-Khazini dan Ibn al-Nafis. Nama nama tokoh ini bisa dijadikan inspirasi bagi kita untuk memberikan nama bayi pada sang buah hati. Semoga nama-nama tokoh islam diatas memberikan manfaat dan merupakan do’a kebaikan bagi anak kita.

 

 

2 thoughts on “Nama-nama Tokoh Ilmuwan Islam Terkenal Dunia”

Leave a Reply

Koleksi Nama Bayi dan Anak Laki-Laki Beserta Artinya.