Tips Memilih Nama Bayi untuk Anak

Memilih nama bayi bukan sesuatu yang mudah dilakukan, mengingat nama untuk anak kesayangan anda ini akan dia pakai seumur hidupnya. Setelah selama 9 bulan dalam kandungan dan menanti sang buah hati maka tiba saatnya yang ditunggu-tunggu hadirnya orang baru dalam keluarga anda. Dengan berbagai harapan dan ekspetasi terhadap sang buah hati dikemudian hari maka sesuatu yang akan selalu dia jaga dan dia kenang adalah do’a dan harapan dari orang tua berupa sebuah Nama yang indah dan bermakna.

Banyak dari kita menginginkan memberikan nama yang indah dan kadang terkesan justru sangat sulit untuk diucapkan dan harus dieja. Lalu kita kadang terbawa trend tentang hobby atau hasrat kita yang kadang cuma sesaat saja.

Lalu bagaimana memilih nama yang bagus untuk bayi atau anak kita?

Ada beberapa aspek yang sebaiknya kita pertimbangkan dalam hal pemilihan nama bayi, baik itu aspek dari ejaan maupun arti, pemaknaan dan maksud nama tersebut.

 Nama Bayi

Pengucapan dan Penulisan

Tips memilih nama bayi yang pertama dan merupakan hal yang penting adalah mengenai ejaan, pengucapan maupun penulisan nama tersebut.

– Ejaan

Pemilihan nama yang bagus bukan berarti sulit, maksudnya? sulit dalam artian sulit untuk dieja. Tips ini memudahkan orang untuk dapat menuliskan nama dengan benar dan mudah. Sering anda lihat orang harus mengejakan satu persatu hurufnya karena sulit untuk dieja? Hal ini biasanya terjadi pada nama yang hampir mirip dengan nama lain atau nama dengan huruf-huruf “y” dibelakang contoh “eri” atau “ery”, “eci” atau “ecy”, “h” ditengah. Ataupun anda ingin terkesan bagus namun malah jadi susah. Misalnya penggantian “i” jadi “ee”, rita jadi Reeta”, “mira” jadi “Meera” dll. Hal ini membuat orang bingung ketika akan menuliskan nama sang anak dan harus mengoreksi jika sudah ditulis dan ternyata setelah anak kita check salah ejaan.

– Pengucapan

Nama akan sangat sering diucapkan, bahkan tiap hari nama kita pasti disebut oleh orang-orang terdekat kita. Karena itu tips kali ini adalah menentukan nama yang enak atau mudah untuk diucapkan. Caranya cukup sederhana, jangan tergesa-gesa memilih nama lalu langsung dipakai. Coba dahulu ucapkan nama ini berulang-ulang baik itu dalam nada lirih, berbisik maupun berteriak. Lakukan ini sesering mungkin, minimal 1 sampai 2 hari jika anda senggang ucapkan nama pilihan anda berulang-ulang. Teriakkan nama sekeras kerasnya maka akan terasa apakah nama itu akan mudah untuk diucapkan atau tidak, sehingga orangpun tidak akan mengubah-ubah nama menjadi yang lain karena susah diucapkan terutama pada nama yang sekiranya menjadi nama panggilan.

 

Pemilihan Kata

Tips memilih kata ini untuk lebih mumudahkan dan menunjukan karakter anda sebagai orang tua, misalnya pemilihan nama dengan bahasa arab atau nama islami memperlihatkan anda adalah orang berjiwa muslim, nama modern atau barat kemungkinan anda adalah orang berjiwa modern.

– Nama Panggilan

Dalam memilih nama sebaiknya anda pertimbangkan betul nama panggilan yang akan digunakan, hal ini meminimalisir nama panggilan yang jelek dan dirubah-rubah orang lain seenaknya. Nama panggilan usahakan sesuai dengan tips pengucapan diatas, mudah diucapkan dan enak didengar.

– Unik

Sebagai orang tua kita kadang ingin nama yang unik dan hanya satu-satunya didunia ini, memilih nama unik mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilakukan mengingat ada jutaan orang didunia ini dan mereka semua memakai nama. Perlu diingat saja dalam menentukan nama unik ini jangan sampai menjadi nama yang norak.

Salah satu cara untuk menemukan nama yang unik tapi mudah adalah dengan penggabungan kata atau nama, misalnya penggabungan nama orang tua. Misalnya nama ibu “Tania” dan ayah Agus maka bisa didapatkan nama unik yang mudah diingat seperti “Gusta”, “Tana”, “Usta” dll. Kreasikan sesuai selera dan buatlah sederhana dan mudah diucapkan maupun diingat.

 

Kombinasi Nama

– Serasi

Mengkombinasikan nama menjadi penting jangan sampai kita mengombinasikan nama yang tidak serasi. Keserasian ini biasanya mudah jika kita ambil dari satu macam bahasa asal.

Misalnya nama islami: Azka Al Ghifari” Nama Jawa: Joko Widodo

Kombinasi nama “Joko Al Ghifari” akan terkesan canggung dan tidak serasi, namun demikian ini menjadi pilihan anda jika memang anda menyukainya. Sebaiknya tetap bicarakan dengan pasangan atau orang terdekat anda untuk mendapatkan masukan.

Yang menjadi kendala adalah ketika kita ingin mengkombinasikan nama dari asal bahasa yang berbeda namun tetap serasi. Tips pengucapan sebelumnya bisa menjadi pertimbangan yaitu dengan diucapkan berulang kali nama lengkap atau kombinasi nama tersebut.

Pemberian nama ini menjadi penting untuk diputuskan dan kadang-kadang menjadi dilema jika tidak ada kecocokan antara anda dan suami atau istri anda.

– Sederhana

Tidak ada salahnya menggunakan kombinasi nama yang panjang hingga 4, 5 atau bahkan 6 kata. Namun perlu diingat pula bahwa nama yang terlalu panjang akan sulit untuk dihafal dan pertimbangkan pula aspek jumlah karakter yang terlalu banyak membuat susah sang anak dalam mengisi form atau aplikasi, misalnya untuk absensi, ujian, identitas dll.

“Keep it Short and Keep it Simple”

 

Arti Nama

Pemilihan nama tentu akan mengandung arti dan arti ini pasti akan ditanyakan oleh sang anak. Dan sebagai bentuk dari harapan atau do’a orang tua terhadap anak maka pilihkan nama dengan arti yang bagus.

Mengetahui Arti Sebenarnya

Kadang kita memilih nama karena kata yang unik dan terdengar bagus, namun apakah artinya sesuai dengan yang kita harapkan? Karena itulah kita harus hati-hati, pastikan dan tanyakan pada orang yang lebih tahu jika memang kita tidak yakin akan arti kata tersebut dan apa filosofi dibalik nama tersebut. Misalnya dalam islam ada beberapa contoh nama yang sebaiknya jangan dipakai, baik karena arti yang buruk maupun karena nama Allah yang hanya boleh Dia yang memakainya.

Abdul-Shams yang artinya adalah pelayan matahari.

Al-Khaliq yang artinya sang pencipta.

Malik Al-Mulk yang artinya raja dari segala raja.

 

Tips memilih nama bayi diatas adalah hanya sebagai bahan pertimbangan yang sebaiknya dipertimbangkan. Sebagai orang tua, sebaiknya tidak perlu menutup diri atau masukan dari orang lain tentang nama yang anda pilihkan untuk sang buah hati. Konsultasi ke orang tua dan orang yang lebih tau, misalnya ustad bagi anda yang beragama islam sebagai bahan masukan.

Semoga pemilihan nama yang baik untuk sang buah hati disertai dengan datangnya kebaikan bagi anak kita dimasa mendatang sesuai harapan kita. Amin…

 

Leave a Reply

Koleksi Nama Bayi dan Anak Laki-Laki Beserta Artinya.